Selamat datang di Website Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek.

Website ini diharapkan sebagai media publikasi kepada masyarakat untuk memberikan informasi dan gambaran Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek dalam hal Pemerintahan Umum

 

VISI, MISI DAN TUJUAN

Print
Category: VISI, MISI DAN TUJUAN
Published on Thursday, 26 May 2016
Written by Super User

VISI, MISI DAN TUJUAN KECAMATAN KAMPAK


VISI

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Visi merupakan suatu pernyataan dari suatu nilai, citra, arah dan tujuan, menggambarkan sosok ideal dan dapat dipercaya sebagai pemandu dalam pelaksanaan kegiatan untuk tercapainya tujuan organisasi.

Adapun visi kantor Kecamatan Kampak adalah :

Terwujudnya Pelayanan Publik yang Prima  dalam  menunjang pelayanan terpadu  Masyarakat Kampak

Pertumbuhan pelayanan Prima kepada  masyarakat,  Kecamatan Kampak   sangat  membantu masyarakat yang harus ditingkatkan kemampuannya dengan mengembangkan informasi, baik dari Ekonomi, Sosial dan Budaya dan mendinamisasikan potensinya, atau memberdayakannya. Secara praktis, upaya yang merupakan pengerahan sumber daya untuk mengembangkan potensi ekonomi rakyat ini akan meningkatkan produktivitas rakyat, sehingga baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam di sekitar keberadaan rakyat dapat ditingkatkan produktifitasnya.

Pelayanan Terpadu di Kecamatan Kampak, telah disampaikan di depan bahwa secara geografis kecamatan Kampak merupakan pintu gerbang perokonomian Trenggalek selatan yang telah diproyeksikan dalam RPJMD Kabupaten Trenggalek sebagai wilayah penopang perekonomian, maka Kecamatan Kampak diharapkan mampu sebagai pasar regional yang dapat memasok hasil bumi keluar daerah/wilayah ataupun masuk kewilayah Kecamatan Kampak dan Kecamatan sekitarnya.

Dengan visi tersebut diatas diharapkan para stake holder, Instansi, Pemerintah Desa dan seluruh elemen masyarakat diwilayah di Kecamatan Kampak mengetahui dan memberikan dukungan secara proaktif dan professional.


MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi, misi kantor Kecamatan Kampak sesuai dengan yang telah dirumuskan bersama merupakan upaya-upaya yang akan dilaksanakan agar pelayanan prima pada kantor Kecamatan Kampak benar-benar dapat diwujudkan.

Adapun misi kantor Kecamatan Kampak yang telah berhasil dirumuskan yaitu :

1.  Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan dan Kualitas Pelayanan Publik ;

2.   Meningkatkan Peran serta masyarakat dalam perencanaan pembangunan Daerah ;

3.   Peningkatan Kualitas Kependudukan dan Catatan Sipil ;

4.   Meningkatan Ketentraman Dan Ketertiban Umum

5. Meningkatkan hubungan imbal balik pemerintahan Desa dengan Pemerintahan Kecamatan

Penjelasan masing-masing Misi :

Misi  Kesatu  :

Untuk lebih meningkatkan akuntabilitas, transparansi, efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik, Kecamatan Kampak perlu melakukan rencana pembangunan berkelanjutan yang dibarengi dengan pelaksanaan reformasi birokrasi dan Pemerintah Kecamatan Kampak perlu memperhatikan beberapa keluhan masyarakat atas sebuah pelayanan, sehingga perlu upaya peningkatan pelayanan publik akan dapat mengantisipasi perubahan lingkungan, paradigma, dan kemajuan teknologi. Sehingga diharapkan para investor bersedia menanamkan modal, karena ingin mendapatkan untung dalam berinvestasi.

Misi Kedua :

Pembangunan pada hakekatnya merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat. Pelaksanaan pembangunan ekonomi didasarkan pada sistem ekonomi kerakyatan dan pengembangan sektor unggulan (Pengembangan Pertanian, Agroindustri, Pemberdayaan UMKM  yang didukung dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dan teknologi untuk memperkuat landasan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan daya saing serta berorientasi pada globalisasi ekonomi.

Upaya pemerintah Kecamatan Kampak untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya harus berwawasan lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan atau yang disebut dengan pembangunan berkelanjutan adalah usaha untuk meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memperhatikan faktor lingkungan, dengan berbasis pada gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup, dan gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. Hal penting yang juga harus dilakukan adalah peningkatan partisipasi rakyat dalam proses pengambilan keputusan yang menyangkut diri dan masyarakatnya. Karena itu, pemberdayaan masyarakat amat erat kaitannya dengan pemantapan, pembudayaan dan pengamalan demokrasi yang partisipatoris.

Misi  Ketiga :

Data kependudukan merupakan hal yang sangat penting dalam pengambilan kebijakan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan. Oleh karena itu diharapkan data kependudukan harus memenuhi persyaratan Kongkrit, Korek, Komplit, Valid dan Relevan sehingga keputusan Pemerintah Kecamatan Kampak dan Kebijakan Pemerintah secara umum dapat secara cepat dan tepat. 

Misi Keempat :

 Sebagaimana Misi Kabupaten Trenggalek bahwa dalam memperkuat potensi atau daya yang dimiliki rakyat (empowering). Untuk itu,diperlukan langkah-langkah lebih positif yaitu  menciptakan iklim dan suasana kondusif.  Maka Kecamatan Kampak  Dalam mengawal pembangunan diperlukan adanya situasi dan Kondisi yang kondusif sehingga perlu tercipta ketentraman dan ketertiban dimasyarakat. Serta perlu pengawalan perkembangan politik, aktivisme masyarakat dan organisasi-organisasi non pemerintah, khususnya pada arah politik lokal dalam ruang otonomi, di mana berbagai macam golongan masyarakat di akar rumput, para pelaku pasar, dan birokasi pemerintah daerah, terlibat dalam gerakan yang memperkuat satu sama lain untuk memproduksi semua hal yang baik bagi semua orang. Demokrasi partisipatoris adalah sejalan dengan kebijakan Pemerintah.


TUJUAN

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan tujuan sebagai hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan visi dan misi sehingga rumusannya harus dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang. Untuk itu tujuan disusun guna memperjelas pencapaian sasaran yang ingin diraih dari masing-masing misi.


Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi organisasi yang mengandung makna :

  1. Merupakan hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun.
  2. Menggambarkan awal strategik organisasi dan perbaikan yang ingin diciptakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi organisasi.
  3. Meletakkan kerangka prioritas untuk memfokuskan arah, sasaran, kebijaksanaan, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan misi organisasi.

Adapun rumusan tujuan Kantor Kecamatan Kampak adalah sebagai berikut :

1.    Terwujudnya Inventaris sarana dan prasarana  Kantor yang memadai

2.    Terwujudnya SDM aparatur baik di Kantor Kecamatan maupun Perangkat Desa

3.    Terciptanya situasi kerja yang nyaman dan harmonis

4.    Terwujudnya motivasi kerja dan atensi pimpinan yang tinggi

 

        Tujuan organisasi Kecamatan Kampak adalah :

1.   Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan pelayanan publik  ;

2.   Meningkatkan kualitas dan kwantitas  partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan Daerah;

3.   Meningkatkan kualitas dokumen Kependudukan ;

4.   Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum dan HAM.

KOMENTAR DI SINI