Selamat datang di Website Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek.

Website ini diharapkan sebagai media publikasi kepada masyarakat untuk memberikan informasi dan gambaran Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek dalam hal Pemerintahan Umum

 

TUGAS DAN FUNGSI POKOK

Print
Category: TUGAS DAN FUNGSI POKOK
Published on Tuesday, 31 May 2016
Written by Super User

TUGAS DAN FUNGSI POKOK APARATUR SIPIL NEGARA (ASN)

KECAMATAN KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK

 

Tugas, Fungsi, dan Struktur Kecamatan diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 5 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Trenggalek dan dijabarkan  Peraturan Bupati Nomor 131 Tahun 2011 tentang Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan di Kabupaten Trenggalek, bahwa Kecamatan merupakan Perangkat Daerah yang mempunyai wilayah kerja tertentu, sebagai penyelenggara pemerintahan kecamatan dan koordinator penyelenggaraan program pembangunan di wilayah kerjanya, dipimpin oleh Camat yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Dan Camat sebagai koordinator penyelenggaraan program pembangunan di wilayah kerjanya.

Adapun Kecamatan sesui Peraturan Bupati Trenggalek, Nomor 131 Tahun 2011, pasal 3 mempunyai tugas pokok kecamatan adalah menyelenggarakan tugas umum pemerintahan dan mengkoordinasikan pelaksanaan program pembangunan di wilayah kecamatan. Dan juga melaksanakan pelimpahan sebagian wewenang Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagimana dimaksud sesuai pasal 4 Peraturan Bupati Trenggalek Nomor 131 Tahun 2011 tersebut, Kecamatan mempunyai fungsi :

1.    perumusan dan penjabaran kebijakan operasional pelaksanaan tugas umum pemerintahan kecamatan ;

2.    pengkoordinasian operasional program-program pemerintah diwilayah kerjanya ;

3.    penyelenggaraan ketatausahaan kecamatan ;

4.    penyelenggaraan urusan pemerintahan kecamatan dan pembinaan pemerintahan desa dan/atau kelurahan ;

5.    penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum ;

6.    penyelenggaraan tata kelola administrasi kependudukan dan pelayanan kependudukan ;

7.    Pembinaan penyelenggaraan perekonomian dan pembangunan ;

8.    Pembinaan penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan rakyat dan penanggulangan masalah sosial

9.    Pengendalian dan pengawasan kegiatan pemerintahan serta penyelenggaraan tugas tampung tatra diwilyah kerja

10.pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Untuk melaksanakan fungsi tersebut, kecamatan mempunyai kewenangan :

1.   pengkoordinasian terhadap jalannya pemerintahan kecamatan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan ;

2.   pelaksanaan tugas dibidang pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang menjadi tanggungjawabnya ;

3.   pelaksanaan usaha dalam rangka peningkatan partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat :

4.   pelaksanaan kegiatan dalam rangka pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah.

Camat mempunyai tugas menyelenggarakan, memimpin, mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi kecamatan.

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang dalam tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Camat. Dan mempunyai tugas pokok mengkoordinasikan perumusan kebijakan teknis, membina dan memberikan pelayanan administratif kepada semua unsur dilingkungan kecamatan.

Sesuai pasal 8 ayat 2 sekretariat mempunyaai tugas mengkoordinasikan perumusan kebijakan teknis, membina dan memberikan pelayanan administratif kepada semua unsur dilingkungan Kecamatan, sesuai pasal 9 Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi sebagai berikut   :

1.    pengkoordinasian perumusan kebijakan teknis berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kebijakan camat ;

2.    perumusan kebijakan teknis dan penyusunan program/kegiatan sekretariat ;

3.    pembinaan organisasi dan ketatausahaan kecamatan ;

4.    penyelenggaraan pembinaan dan pengendalian pelayanan administrasi umum, kepegawaian dan penatausahaan keuangan ;

5.    pengkoordinasian penyusunan perencanaan, evaluasi dan pelaporan kinerja kecamatan ;

6.    pelaksanaan tugas kedinasan yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

                        Sekretariat dalam menyelenggarakan tugas pokok dan fungsinya dibantu oleh :

1.    Sub Bagian Perencanaan , Pelaporan dan Keuangan

2.    Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.

Sub Bagian PerencanaanPelaporan dan  Keuangan melaksanakan tugas :

1.    menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang perencanaan dan pelaporan Keuangan ;

2.    mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan perencanaan dan pelaporan Keuanagan;

3.    menyusun rencana program dan/atau kegiatan perencanaan dan pelaporan Keuangan;

4.    melakukan kegiatan pelayanan administrasi perencanaan dan pelaporan Keuangan;

5.    melakukan penyusunan penatausahaan dokumen perencanaan dan pelaporan kinerja kecamatan ;

6.    melakukan penatausahaan keuangan dan pelaporan kecamatan

7.    melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kinerja perencanaan dan pelaporan adminsitrasi Keuangan ;

8.    melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

         Sub Bagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan tugas :

1.    menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang administrasi umum dan kepegawaian;

2.    mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan administrasi umum dan kepegawaian;

3.    menyusun rencana program dan/atau kegiatan administrasi umum dan kepegawaian;

4.    Menyiapkan bahan pertimbangban DP-3 bagi petugas laporan SKPD lain yang beerda di kecamatan

5.    melakukan kegiatan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian;

6.    melakukan penatausahaan surat menyurat, perlengkapan dan urusan kerumahtanggaan kecamatan ;

7.    melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kinerja administrasi umum dan kepegawaian ;

8.    melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Tata Pemerintahan sesuai dengan pasal 13 , yang dipimpin oleh Kepala Seksi yang dalam tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Camat. Dan mempunyai tugas :

1.        menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional pemerintahan ;

2.        mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan pemerintahan ;

3.        menyiapkan data sebagai bahan menyusun rencana program dan/atau kegiatan pemerintahan ;

4.        menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria pemerintahan ;

5.        menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan administrasi pertanahan/keagrariaan ;

6.        mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan monografi wilayah kecamatan ;

7.        menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi pengangkatan, pemberhentian dan pelantikan Kepala Desa, Peraturan Kepala Desa dan/atau Kepala Kelurahan serta Keputusan Kepala Desa dan/atau Kepala Kelurahan ;

8.        melakukan inventarisasi tanah kas desa dan tunjangan penghasilan aparat pemerintah desa ;

9.        menyiapkan bahan pembinaan politik dan ideologi negara ;

10.     menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi optimalisasi pemanfaatan tanah kas desa dan kekayaan desa lainnya maupun penggalian sumber-sumber pendapatan desa dan kelurahan ;

11.     membantu penyelenggaraan pemilihan umum (pemilihan Bupati), pemilihan Gubernur, pemilihan Presiden dan pemilihan legislatif ;

12.     membantu dan memfasilitasi serta mengkoordinasikan pelaksanaan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan ;

13.     melakukan pendataan hasil kerja kegiatan pemerintahan desa dan kelurahan ;

14.     melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kinerja sesuai dengan bidang tugasnya ;

15.     melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum dipimpin oleh Kepala Seksi yang dalam tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Camat. Dan mempunyai tugas :

1.    menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional ketentraman dan ketertiban umum ;

2.  mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum ;

3.     menyusun rencana program dan/atau kegiatan ketentraman dan ketertiban umum ;

4.    menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria ketentraman dan ketertiban umum ;

5.  menyiapkan bahan pembinaan dan pengendalian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta komponen Perlindungan Masyarakat (LINMAS) ;

6.    menyiapkan data sebagai bahan penyusunan laporan situasi dan kondisi ketentraman dan ketertiban kecamatan ;

7.   menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pelaksanaan kegiatan upacara-upacara peringatan hari besar nasional/upacara kenegaraan ;

8.   membantu pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilihan Bupati, pemilihan Gubernur, pemilihan Presiden dan pemilihan legislatif) ;

9.  menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi penanganan perlindungan masyarakat akibat pelanggaran HAM dan masalah sosial ;

10.     menyiapkan data sebagai bahan pemprosesan rekomendasi ijin gangguan (HO) dan perizinan lainnya ;

11.     melakukan kegiatan pelayanan tehnis dan administrasi ketentraman dan ketertiban umum  ;

12.     melakukan pendataan hasil kerja kegiatan ketentraman dan ketertiban umum  ;

13.    melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kinerja sesuai dengan bidang tugasnya ;

14.     melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Kependudukan dipimpin oleh Kepala Seksi yang dalam tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Camat. Dan mempunyai tugas :

1.        menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang kependudukan ;

2.        mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan kependudukan ;

3.        menyusun rencana program dan/atau kegiatan kependudukan ;

4.        menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria kependudukan ;

5.        menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan pendataan ketenagakerjaan dan transmigrasi ;

6.        menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pembinaan kesehatan masyarakat dan Keluarga Berencana (KB);

7.        mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan monografi wilayah kecamatan ;

8.        menyiapkan data sebagai bahan pemantauan dan pengendalian penduduk wilayah kecamatan ;

9.        menyiapkan data sebagai bahan pelaksanaan sensus penduduk ;

10.     melakukan kegiatan pelayanan tehnis dan administrasi kependudukan ;

11.      melakukan pendataan hasil kerja kependudukan ;

12.     melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kinerja sesuai dengan bidang tugasnya ;

13.     melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan dipimpin oleh Kepala Seksi yang dalam tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Camat. Dan mempunyai tugas :

1.       menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang perekonomian dan pembangunan ;

2.   mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan perekonomian dan pembangunan ;

3.        menyusun rencana program dan/atau kegiatan perekonomian dan pembangunan ;

4.   menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria perekonomian dan pembangunan;

5.        menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan administrasi pertanahan/keagrariaan ;

6.   melakukan inventarisasi dan menyiapkan bahan pembinaan terhadap lembaga-lembaga perekonomian masyarakat desa/kelurahan, usaha kecil dan menengah ;

7.       menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi perencanaan pembangunan bidang perekonomian dan pembangunan sarana prasarana dea/kelurahan ;

8.    menyiapkan data sebagai bahan fasilitasi penyusunan rencana pembangunan desa, kelurahan dan/atau kecamatan ;

9.   menyiapkan data sebagai bahan penyusunan tata ruang wilayah kecamatan dan penyusunan profil desa/kelurahan ;

10.     melakukan kegiatan pelayanan tehnis dan administrasi perekonomian dan pembangunan ;

11.     melakukan pendataan hasil kerja perekonomian dan pembangunan;

12.    melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kinerja sesuai dengan bidang tugasnya ;

13.     melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Kesejahteraan Rakyat dipimpin oleh Kepala Seksi yang dalam tugasnya berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Camat. Dan mempunyai tugas :

1.        menyiapkan dan menganalisa data sebagai bahan perumusan kebijakan operasional dibidang kesejahteraan rakyat;

2.        mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan kesejahteraan rakyat;

3.        menyusun rencana program dan/atau kegiatan kesejahteraan rakyat;

4.        menyiapkan data sebagai bahan penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria kesejahteraan rakyat;

5.        menyiapkan data sebagai bahan pembinaan dan fasilitasi organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan ;

6.  menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika,psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya lainnya ;

7.      menyiapkan data sebagai bahan pembinaan penyelenggaraan pendidikan dan keagamaan/kerukunan hidup baik antar umat beragama maupun antara umat beragama dengan Pemerintah ;

8.        menyiapkan data sebagai bahan dan mengkoordinir pelaksanaan pencegahan serta penanggulangan bencana alam dan penanganan pengungsi ;

9.        melakukan kegiatan pelayanan tehnis dan administrasi kesejahteraan rakyat;

10.     melakukan pendataan hasil kerja kesejahteraan rakyat;

11.     melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta pendataan hasil kinerja sesuai dengan bidang tugasnya ;

12.     melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

KOMENTAR DI SINI